Diberdayakan oleh Blogger.

Mengobati Panu Secara Alami

Dermatomikosis didaerah tropic yang banyak ditemukan adalah penyakit panu, terutama pada orang yang banyak berkeringat dan jarang mandi. Penyebab dari penyakit panu ini adalah fungi Malassezia furfur. Panu dapat berwarna kehitaman (hyperpigmented), tetapi dapat juga berwarna pucat (hypopigmented). Dalam dunia medis penyakit panu biasa disebut dengan Ptyriasis Versicolo, penyakit ini biasanya kumat-kumatan dan jarang menimbulkan keluhan. Namun keluhan yang biasa terjadi adalah bercak-bercak putih yang makin melebar jika tidak diobati segera dan didiamkan berlama-lama. Penyebab dari penyakit ini biasanya adalah orang yang melakukan banyak aktivitas dan mengeluarkan keringat yang banyak. Entah itu anak kecil orang muda maupun orang dewasa. Cara mengobtati penyakit panu alami adalah dengan penggunaan lengkuas.  Cara mengobati panu alami dengan lengkuas adalah dengan ambilah 1/8 rimpang lengkuas, giling halus, lalu tambahkan minyak kelapa dan oleskan pada kulit yang terserang panu.
Definisi medisnya adalah infeksi jamur superfisial yang ditandai dengan adanya makula  di kulit, skuama halus, disertai rasa gatal. Infeksi jamur superfisialis yang kronis dan asimtomatis   disebabkan oleh Malassezia furfur menyerang stratum korneum dari epidermis. Biasanya area yang sering terserang penyakit panu ini adalah bahu, punggung dan dada. Pada keadaan lainnya infeksi juga bisa saja terjadi di lipatan-lipatan kulit seperti lipatan lengan, kulit dibawah payudara atau bisa juga di lipat paha. Wajah yang biasanya terkena, terkecuali pada beberapa anak. Kadang jumlah tempat yang terserang penyakit panu ini sangat sedikit, sehingga tampak kentara, dan di sisi lain tempat yang terlihat cukup luas, dan memberikan gambaran jika itu adalah kulit normal, seentara kulit normal sendiri akan tampak sebagai yang bermasalah. Cara mengobati penyakit panu alami lainnya adalah dengan bunga matahari. Bunga matahari dapat digunakan sebagaiobat panu yang menyerang kulit. Gosokkan bungan ini pada bagian kulit yang terkena panu, hingga bunga tersebut sampai berwarna kehitaman. Lakukanlah setelah mandi.
Ada banyak jenis obat-obatan antijamur yang tersedia di pasaran, seperti krim atau salep yang dioleskan di permukaan kulit. Obat yang bisa dibeli dengan bebas di apotek, termasukclotrimazole dan miconazole. Dioleskan dua kali sehari selama 10-14 hari, namun karena sering kali dipasarkan dalam kemasan kecil, sehingga lebih merepotkan jika infeksinya berupa area yang luas.
Mengobati penyakit panu alami adalah dengan ambil biji atau buah daun jinten secukupnya, cuci bersih, lalu giling halus, dan tempelkan pada bagian yang terkena panu.Atau dengan cara ambillah 1 lembar daun brojo lintang, haluskan, kemudian bubuhkan pada bagian yang terkena penyakit panu.