Diberdayakan oleh Blogger.

Obat Panu Yang Efektif

Kadang saat nonton tv dan ada iklan obat kulit (baca:panu) saya sering merasa geli sendiri. Bagaimana tidak, bintang iklannya, perempuan, muda, cantik dan unyu-unyu, tapi pundaknya panuan. Rasanya sangat sulit menemukan cewek cantik panuan. Ah.. iklan, sering nggak rasional.
Tapi klaim bahwa orang yang terlihat bersih, cantik dan muda tak terkena panu akhirnya terbantahkan juga. Buktinya yang tetangga, anak tetangga maksudku, terkena panu. Di mana? Di pipi. Padahal dia juga rajin mandi, kelihatannya..
Panu memang bukan merupakan penyakit yang membahayakan kesehatan. Tapi panu sangat membahayakan penampilan. Dan karenanya, banyak orang yang merasa malu jika sakit panu. Tapi apasih sakit panu itu?

Apa Itu Sakit Panu?

Penyakit panu, atau ada juga yang menyebutknya sebagai panau, adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Dalam istilah medis, panu atau panau disebut tinea versicolor. Padnu terjadi karena adanya infeksi kulit oleh jamur, yaitu Candida albicans.
Gejala panu pada kulit cukup mudah dikenali, yaitu terjadinya bercak putih, merah atau kecoklatan tergantung warna kulit. Berbeda dengan jerawat yang menonjol, pada panu tidak demikian. Panu juga sering terasa gatal, terutama saat berkeringat.
Terdapat beberapa keadaan yang memudahkan terjadinya infeksi jamur Candida penyebab panu. Keadaan tersebut adalah kebersihan kulit yang kurang terjaga dan banyak berkeringat atau kulit lembab. Karena itulah panu sering terdapat pada daerah lipatan kulit.
Penggunaan pakaian yang tidak memberi ventilasi yang baik pada kulit juga mempermudah infeksi panu. Karena itu, pakailah pakaian dari bahan katun ayng sejuk dan menyerap keringat.
Panu dapat menular. Penularan ini melalui sentuhan langsung atau tidak langsung. Memakai handuk, sabun dan pakaian penderita panu dapat menyebabkan penularan. Jadi jangan pernah meminjam/memakai perlengkapan mandi penderita panu. Bisa ketularan!!

Obat Panu Yang Efektif

Panu atawa panau disebabkan infeksi jamur kulit. Beberapa obat jamur efektif untuk menghilangkan panu. Obat tersebut adalah Mikonazol (Daktarin) yang tersedia dalam bentuk krim. Ketokonazol (Mycoral, Nizoral, Zoralin) yang tersedia dalam bentuk krim dan tablet juga efektif. Clotrimazol (Canesten, Fungiderm) juga digunakan secara luas untuk mengatasi panu.
Jenis obat yang lain adalah obat panu yang bersifat keratolitik seperti Kalpanax Tincture efektif menghilangkan panu. Namun obat semacam ini akan menimbulkan rasa pedih pada saat menggunakannya. Dan seringkali akan meninggalkan bercak hitam pada kulit.
Meski obat panu banyak tersedia, namun yang terbaik tetaplah menjagakebersihan kulit agar tidak terserang panu. Malu kan. Cantik-cantik kok panuan….