Diberdayakan oleh Blogger.

5 Penyakit Kulit Yang Memalukan

Sudahlah sakit, Anda pun masih harus menanggung malu. Mungkin itulah yang Anda rasakan saat menderita sakit kulit. Kenapa? Karena penyakit ini jelas terlihat. Penyebabnya adalah kurang menjaga kebersihan tubuh dengan baik. Jenisnya pun bermacam-macam, antara lain:

1.    Eksim (eczema)
Merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan kulit kemerah-merahan, bersisik, pecah-pecah, terasa gatal terutama pada malam hari (eksim kering), timbul gelembung-gelembung kecil yagn mengandung air atau nanah, bengkak, melepuh, tampak merah, sangat gatal dan terasa panas. Bagian tubuh yang sering diserang eksim yaitu tangan, kaki, lipatan paha, dan telinga. Eksim ini disebabkan karena alergi terhadap rangsangan zat kimia tertentu seperti yang terdapat dalam deterjen sabun, obat-obatan, dan kosmetik atau alergi terhadap bahan makanan tertentu. Penyakit ini mudah kambuh sehingga harus diperhatikan untuk menghindari bahan-bahan yang dapat menimbulkan alergi.

2.    Kudis (scabies) dan Kurap (dermatofitosis)
Merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit/ tungau yang gatal, yaitu sarcoptes scabiei. Kudis lebih sering terjadi di daerah yang higienisnya buruk dan menyerang orang yang kurang menjaga kebersihan. Gejala yang timbul antara lain timbul rasa gatal yang hebat pada malam hari, terutama di sela-sela tubuh seperti jari tangan atau ketiak. Kudis sangat mudah menular ke orang lain secara langsung melalui sentuhan atau penggunaan barang yang sama seperti handuk atau pakaian. Sedangkan kurap disebabkan oleh jamur. Gejalanya kulit menjadi tebal dan timbul lingkaran-lingkaran, bersisik, lembab, berair, dan terasa gatal, kemudian timbul bercak keputih-putihan. Bagian tubuh yang biasanya terserang kurap yaitu tengkuk leher dan kulit kepala.

3.    Panu (pitiriasis versikolor)
Jika ada bercak putih yang jika digaruk warnanya akan semakin putih dan ketika berkeringat akan terasa semakin gatal, tandanya Anda terkena panu. Penyakit ini disebabkan oleh jamur pityrosporum ovale. Menderita panu dapat menimbulkan rasa malu yang luar biasa, terutama bagi para wanita. Anda tak mau kan dibilang “Cantik-cantik kok panuan?”

4.    Bisul (furunkel)
Adalah infeksi kulit berupa benjolan, tampak memerah, yang kemudian akan membesar, berisi nanah dan terasa panas. Penyakit kulit ini disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus. Bisul dapat tumbuh di semua bagian tubuh, namun biasanya muncul di bagian tubuh yang lembab seperti lipatan paha atau leher. Faktor yang meningkatkan risiko terkena bisul antara lain luka yang terinfeksi atau penggunaan kosmetika dan bahan kimia yang menyumbat pori.

5.    Campak (rubella)
Merupakan penyakit kulit menular yang disebabkan oleh virus dan gejalanya demam, bersin, pilek, sakit kepala, badan terasa lesu, dan nafsu makan berkurang. Setelah beberapa hari gejala muncul, ruam merah yang gatal akan bertambah besar dan tersebar ke beberapa bagian tubuh.

KENAPA MEMALUKAN?
Tak diragukan lagi, penyakit kulit memang akan membuat Anda sangat malu. Selain merusak penampilan, jika terlihat oleh orang, Anda akan dianggap wanita yang jorok dan tidak merawat tubuh dengan baik. Apalagi rasa gatal yang menggoda Anda untuk menggaruk bagian tubuh yang terkena penyakit kulit juga bisa membuat Anda lupa diri menggaruk-garuk punggung saat sedang presentasi.

SEGERA ATASI!

Gunakan salep khusus kulit setelah melakukan pemeriksaan ke dokter. Sangat disarankan agar Anda melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, karena agar penyakit kulit cepat sembuh, Anda tak boleh asal menggunakan salep atau obat yang dibeli di apotek.